ADMINISTRASI NASIONAL DAN REORGANISASI FEDERAL


POLITIK & PEMERINTAHAN AMERIKA UTARA
ADMINISTRASI NASIONAL DAN REORGANISASI FEDERAL












OLEH :
RAHMAT HARYAMA
0901120263

HUBUNGAN INTERNASIONAL
FAKULTAS ILMU POLITIK DAN ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS RIAU
2011



ADMINISTRASI NASIONAL
Pemerintah federal Amerika Serikat adalah pemerintah pusat Amerika Serikat yang didirikan berdasarkan Konstitusi Amerika Serikat. Pemerintah federal Amerika Serikat memiliki tiga cabang yaitu: legislatif, eksekutif, dan yudikatif.Pemerintah federal Amerika Serikat didirikan pada tahun 1790 dan dianggap sebagai federasi nasional modern pertama di dunia.Meskipun demikian, rincian federalisme Amerika telah menjadi perdebatan sejak diundangkannya Konstitusi Amerika Serikat, di mana beberapa pihak mengargumentasikan kekuasan nasional secara luas, sedangkan pihak lain menafsirkan pasal-pasal Konstitusi tentang kekuasaan pemerintah nasional secara harfiah.Sejak Perang Saudara Amerika, kekuasaan Pemerintah Federal secara umum telah berkembang dengan hebatnya, kendati terdapat beberapa periode ketika pendukung hak-hak negara bagian telah berhasil membatasi kekuasaan federal melalui tindakan legislatif, prerogatif eksekutif, atau melalui penafsiran konstitusional di mahkamah.Kedudukan pemerintah federal berada di Washington, D.C.. Kata "Washington" telah terbiasa dijadikan istilah pengganti bagi pemerintah federal Amerika Serikat.
Penguatan dan tanggung jawab harian undang-undang federal berada di tangan departemen-departemen eksekutif federal Amerika Serikat, yang dibuat oleh Kongres untuk berurusan dengan cakupan urusan nasional dan internasional tertentu. Para kepala 15 departemen, yang dipilih oleh Presiden dan disetujui dengan "nasihat dan persetujuan" Senat Amerika Serikat, membentuk dewan penasihat yang pada umumnya dikenal sebagai "Kabinet" Presiden.
Kabinet biasa terdiri dari beberapa macam department, adapun departemen tersebut sebagai berikut :
  1. Department of State, Menteri ini merupakan anggota dari Kabinet Presiden Amerika Serikat. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat merupakan jabatan tertinggi dalam kabinet, yakni menempati suksesi urutan ke-4 apabila Presiden Amerika Serikat berhalangan atau meninggal dunia.
  2. Department of the Treasury, atau biasa disebut Departemen keuangan, departemen ini berwenang untuk mengawasi keuangan nasional, melakukan manajemen pinjaman public.
  3. Department of Defense, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Dephan) bertanggung jawab dalam masalah angkatan bersenjata dan militer. Menteri Pertahanan bertugas sebagai penasehat tertinggi kebijakan pertahanan bagi sang Presiden, menyusun kebijakan pertahanan secara umum dan segala kebijakan yang terkait dengan Dephan, serta menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan. Menteri Pertahanan dipilih oleh Presiden dengan persetujuan Senat dan merupakan anggota kabinet. Oleh undang-undang diharuskan bahwa sang menteri merupakan warga sipil yang tidak pernah bertugas dalam komponen aktif di angkatan bersenjata setidaknya dalam 10 tahun terakhir (pengecualian kepada George Marshall yang menjadi Menteri Pertahanan pada tahun 1950 meski baru menjadi warga sipil pada tahun 1945).
  4. Department of Justice, Departemen Kehakiman Amerika Serikat yang berurusan dengan masalah-masalah hukum dan pejabat penegak hukum utama dalam pemerintah Amerika Serikat. Jaksa Agung dianggap sebagai pengacara utama pemerintah AS. Jaksa Agung diangkat oleh Presiden Amerika Serikat dan dikukuhkan oleh Senat Amerika Serikat. Jaksa Agung menjabat sebagai anggota Kabinet Amerika Serikat di bawah Presiden, satu-satunya anggota kabinet yang tidak bergelar menteri.
  5. Department of the Interior, Departemen dalam negeri.
  6. Department of Agriculture, Departemen pertanian.
  7. Department of Commerce, Departemen pedagangan.
  8. Department of Labor, Departemen tenaga kerja.
  9. Department of Health and Human Services, Departemen kesehatan dan pelayanan public
  10. Department of Housing and Urban Development, Departemen perumahan dan pembangunan daerah urban
  11. Department of Transportation, Departemen transportasi
  12. Department of Energy, Departemen energi
  13. Department of Education, Departemen pendidikan
Selain department, terdapat sejumlah organisasi staf yang dikelompokkan ke dalam Kantor Eksekutif Presiden. Kantor Eksekutif Presiden meliputi staf Gedung Putih, Dewan Keamanan Nasional, Kantor Manajemen dan Anggaran, Dewan Penasihat Ekonomi, Dewan Kualitas Lingkungan, Kantor Perwakilan Perdagangan, Kantor Kebijakan Pengawasan Obat-Obatan Nasional, dan Kantor Kebijakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Para pegawai di dalam badan-badan pemerintah ini disebut pegawai negeri sipil Amerika Serikat.
Selain departemen dan organisasi staf terdapat juga beberapa agensi yang juga berfungsi untuk membantu tugas-tugas dari cabinet yang sangat banyak, akan tetapi tidak semua agensi yang dijelaskan, adapun agensi yang akan dijelaskan sebagai berikut :
Badan Intelijen Pusat (disingkat CIA) ialah dinas rahasia pemerintah Amerika Serikat. Dibentuk pada 18 September 1947 dengan penandatanganan NSA (National Security Act) -- badan keamanan nasional AS -- oleh Presiden Harry S. Truman. Saat itu, yang menjadi orang nomor satu dalam CIA ialah Letnan Jenderal Hoyt S. Vandenberg. NSA sendiri sudah berganti nama menjadi DCI (Director of Centeral Intelligence), yang mengkoordinasi, mengevaluasi, mengkorelasi, dan mengirim para agen CIA termasuk ke luar AS untuk menjaga keamanan nasional.
U.S. Environmental Protection Agency (disingkat EPA atau USEPA) atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat adalah sebuah lembaga pemerintah federal Amerika Serikat yang bertugas melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dengan merumuskan dan menerapkan peraturan berdasarkan undang-undang yang disahkan oleh Kongres. EPA dicanangkan oleh Presiden Richard Nixon dan memulai operasinya tanggal 2 Desember 1970 ketika pendiriannya disahkan oleh Kongres, dan disetujui oleh Presiden Nixon, dan sampai sekarang terus bertanggung jawab atas kebijakan lingkungan Amerika Serikat.[2] Lembaga ini dipimpin oleh pengurusnya, yang ditunjuk oleh Presiden Amerika Serikat. EPA bukanlah lembaga Kabinet, tapi pengurusnya diberikan peringkat kabinet seperti biasa. Lisa P. Jackson adalah pengurus saat ini. Lembaga ini memiliki sekitar 18.000 karyawan penuh.
United States Agency for International Development disingkat USAID atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika adalah badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan untuk bidang ekonomi, pembangunan, dan kemanusiaan untuk negara-negara lain didunia dalam mendukung tujuan-tujuan kebijakan luar negeri Amerika Serikat.


REORGANISASI FEDERAL
Reorganisasi federal merupakan upaya perbaikan yang dilakukan terhadap pemerintah federal seperti penambahan wewenang ataupun pemberian wewenang extra kepada eksekutif, hal ini terjadi sebagai bentuk adaptasi pemerintahan amerika terhadap dinamika politik dunia, hal ini juga sebagi bentuk untuk mengurangi kompleksivitas yang terjadi dalam pekerjaan eksekutif.
Contoh dari penambahan wewenang ini pada perang dunia 2 presiden diberi wewenang untuk melakukan reorganisasi, wewenang ini digunakan untuk melakukan transfer atau merger terhadap agensi yang berhubungan dengan perang dan kepentingan mobilisasi untuk menghadapi perang.
Referensi
Kissinger, Henry A., “Domestic Structure and Foreign Policy”, in Henreider, Wolfham F. ed., Comparative Fpreign Policy, Theoretical Essays, New York, Davud McKay, 1971, p.133
Modelski, George, A Theory of Foreign Policy, New York, Praeger, 1962, p.6
http://www.whitehouse.gov/administration/cabinet




No comments:

Post a Comment